Alim ulama dan cerdik pandai dalam menghadapi berbagai soal,apabila tidak nas dari Al-Qur'an atau hadis,mereka beritihad untuk meenetapkan hukum peristiwa itu,Hukum yang di dapat oleh seseorang dengan ijtihat dinamakan mazhabnya.ulama yang memiliki mazhabnya ada banyak bukan hanya empat contohnya Hasan Basri,AS-Saury ibnu Abi laila,Al Auzu'iy,Al-Laisy.Beratus ratus mazhab di susun dari zaman ke zaman Berikut Adalahan para mazhab yang ke Empat.
1.Mazhab Hanafi.
1.Mazhab Hanafi.
Penyusunan yaitu imam Abu Hanafi.beliau dilahirkan pada tahun 80 hijriah.Beliau belajar di Kufah dan disanalah beliau mulai menyususn mazhabnya.kemudian beliau duduk berfatwa mengembangkan ilmu pengetahuan di bagdad.beliau memberikan penerangan kepada segenap lapisan muslimin,sehingga beliau terkenal sebagai seorang alim yang terbesar di masa itu,mahir dalam ilmu fiqh serta pandai meng-istimba-kan hukum dari Alquran dan hadis.menurut riwayat yang dapat di percaya beliau adalah wadi'ilmu fiqh(yang mula-mula menyusun ilmu fiqh sebagaimana susunan se-karang ini).beberapa ulama telah bergaul dengan Abu Hanifah,mereka pelajari mazhab beliau dan hukum yang mereka yang dapat dari beliau itu mereka tulis.Mereka sebagaimana pendukung mazhab Abu Hanifah.Kemudian sebagaimana besar dari mereka kembali menyelidiki dan memeriksa hukum-hukum tadi dengan memeriksa dalil-dalilnya serta di sesuaikan dengan keadaan-keadaan kefaedahan dan kemudaratanya,sehingga beberapa di antara mereka ada yang tidak mufakat terhadap sebagaimana dari hukum hukum yang telah diterapkan oleh imam tadi bahkan mereka tetapkan hukumnya menurut pendapat mereka sendiri,berbeda dengan pendapat imam abu hanafiah.mereka inilah yang dinamakan sahabat sahabat Abu Hanafiah,diantaranya yaitu Abu Yusuf,Muhamat bin Hasan dan zufar.mazhab ini banyak tersiar di bagdad,parsi,bukhara,mesir,syam,dan tempat tempat lain.
2.Mazhab Maliki.
Nama penyusunya adalah malik bin Anas al-ashabi.beliau di lahirkan tahun 93 Hijrah dan meninggal dunia dalam bulan safar tahun 170 Hijriah.Beliau belajar di madinah,disanalah beliau menullis Kitab Al-Muwatta kitab hadis yang terkenal sampai sekarang.Beliau menyusun kitab tersebuta atas saran Khalifah Mansur ketika beliau menyusun bertemu pada waktu menunaikan ibadah haji.
beliau menyusun mazhabnya atas empat dasar:Kitab suci,Sunah rasul,ijma' dan qias.hanya,dasar yang terakir ini beliau gunakan dalam hal-hal yang terbatas sekali karena beliau adalah ahli Hadis.Beliau berkata"Sesungguhnya saya sebagaimana manusia biasa kadang kadang betul dan kadang kadang salah,maka hendaklah kamu periksa dan kamu selidiki pendapat-pendapatku itu"mana sesuai dengan sunnah,ambillah!"
imam Malik adalah ahli fiqh dan hadis.pada masanya beliau ter-bilang paling berpengaruh di seluruh Hijaz.orang menyebut beliau "Sayyid Fuqaha Al-Hijaz"(pemimpin ahli fiqh di seluruh daerah hijaz).Beliau mempunyai banyak sahabat (murid),di antaranya yang termuka ialah Muhamat bin idris bin Syafii,Al-Laisy bin Sa'ad,abu ishaq Al-Farazi pengikut mazhabnya ini terbanyak derdapatt di Tunisia,Tripoli,Magribi,dan Mesir.
3.Mazhab Syafiih.
Nama penyusunya yaitu Muhammad bin idris bin Syafii,keturunya bangsa Quraisy.Beliau di lahirkan di Khuzzab tahun 150 Hijriah,dan meninggal dunia di Mesir tahun 204 Hijriah,dan meninggal dunia di Mesir tahun 204 Hijriah.Sewaktu berumur 7 tahun beliau telah hafal Al-Quran
Setelah berumur 10 tahun,beliau al muwatta(kitab guru beliau,imam malik).setelah beliau berumur 20 tahun,beliau mendapat izin dari gurunya(muslim bin khalit)untuk berfatwa.kata ali bin usman,saya tidak pernah melihat seseorang yang lebih pintar dari pada syafi.sesungguhnya tidak ada seorang pun yang menyamainya di masa itu.ia pintar dalam segala pengetahuan,sehingga dia melontarkan anak panah,dapat di jamin 90% akan mengenai sasaranya ketika hampir berumur 20 tahun,beliau pergi ke madinanh karena mendengar kabar tentang imam malik yang begitu terkenal sebagai ulama yang besar dalam ilmu hadis dan fiqh.disana beliau belajar kepada imam malik kemudian beliau pergi ke irak,disana bergaul dengan sahabat sahabat imam abu hanifah.beliau terus ke parsi dan beberapa negeri lain.kira kira 2 tahun lamanya beliau perjalanan ini.dalam perjalanan negeri negeri itu bertambahlah pengetahuan beliau tentang keadaan penghidupan dan tabiat manusia.misalnya keadaan yang menimbulkan perbedaan adat dan akhlak,sangan berguna bagi beliau sebagai alat untuk mempertimbangkan hukum peristiwa peristiwa yang akan beliau hadapi.kemudian beliau di minta oleh khalifah harun ar-rasyid supaya tetap tinggal di bagdad.setelah menetap di bagdad,disanalah beliau menyiarkan agama,dan pendapat pendapat beliau di terima segala lapisan.
belia bergaul baik rakyat maupun dengan pemerintah bertukar pikiran dan ulama ulama-terutama sahabat sahabat imam abu hanifah-sehingga dengan pergaulan dan pertukaran pikiran itu beliau dapat menyusun pendapat "qadim"(pendapat beliau yang pertama).kemudian beliau kembali ke mekah hingga tahun 198 hijriah.pada tahun itu pula beliau pergi ke mesir,beliau di sana beliau menyusun pendapat beliau yang baru(qaulul jadid)
kata kata syafii yang sangat perlu menjadi perhatian ,terutma bagi ulama yang mendukung dan mengikuti mashab syafii ialah"apa bila hadis itu sah ",maka itulah mazhab ku,dan buanglah perkatanku yang timbul dari ijtihadku.pengikut mazhab syafii yang terbanyak adalah di mesir,kurdistan,yaman,aden,hadramaut,mekah,pakistan dan indonesia
belia bergaul baik rakyat maupun dengan pemerintah bertukar pikiran dan ulama ulama-terutama sahabat sahabat imam abu hanifah-sehingga dengan pergaulan dan pertukaran pikiran itu beliau dapat menyusun pendapat "qadim"(pendapat beliau yang pertama).kemudian beliau kembali ke mekah hingga tahun 198 hijriah.pada tahun itu pula beliau pergi ke mesir,beliau di sana beliau menyusun pendapat beliau yang baru(qaulul jadid)
kata kata syafii yang sangat perlu menjadi perhatian ,terutma bagi ulama yang mendukung dan mengikuti mashab syafii ialah"apa bila hadis itu sah ",maka itulah mazhab ku,dan buanglah perkatanku yang timbul dari ijtihadku.pengikut mazhab syafii yang terbanyak adalah di mesir,kurdistan,yaman,aden,hadramaut,mekah,pakistan dan indonesia
4.Mazhab Hambali.
nama penyusunnya iyalah bin muhammad bin hanbal bin hilal.beliau dilahirkan bagdad dan meninggal dunia pada hari jum'at tanggal 12rabiul awwaltahun 241hijriyah.semenjak kecil beliau belajar di bagdad,syam,hijaz,dan yaman.beliau adalah murid imam syafi'i.syafi'i memuji beliau.katanya,saya keluar dari bagdad,tidak saya tinggalkan disana seorang yang lebih takwa,lebih wara',dan lebih alim selain ahmad bin hanbal,yang sungguh banyak menghafal hadis.'' murid beliau banyakyang terkemuka,di antaranya yaitu bukhorida muslim. beliau pegang teguh pada fatwa
sahabatapabila tidak ada nas.beliau menyusun mazhabnyaatas 4 dasar.dasar pertamaiyalah nas alqur'andan hadist.dalam soal yang beliau hadapi,beliau selidiki ada atau tidaknya nas,kalau ada nas,beliau berfatwa dengan nas itu.dasar kedua iyalah fatwa sahabat.dalam satu peristiwa,apabila tidak nas yang bersangkutan dengan peristiwa itu,beliau cari fatwa para sahabat.apabila ada fatwa dari salah seorang sahabat,sedangkan beliau tidak melihat bantahan nya dari sahabat-sahabat lain,beliau hukumkan peristiwa itu menurut fatwa sahabat tadi.jika fatwa itu berada antara beberapa sahabat,beliau pilih yang lebih dekat pada kitab atau sunnah. dasar ketiga iyalah hadis mursal atau lemah,apabila tidak bertentangan dengan dalil-dalil yang lain.dasar keempat ialah qias.beliau tidak memakai qias kecuali apabila tidak ada jalan lain.beliau sangat hati-hatidalam melahirkan fatwa apabila tidak ada nas atas asar sahabat.kemungkinan besar karena sangat hati-hatinyabeliau menjalankan fatwa itulah yang menyebabkan lambatnya mazhab beliau tersiardi daerah-daerah yang jauh,apalagi murid-murid beliau pun sangat berhati-hati pula.mula-mula mazhab itu tersiar di bagdad,kemudian berangsur-angsur keluar ke daerah daerah lain.sekarang yang terbanyak pengikutnya iyalah dihijaz,apalagi sesudah raja ibnu sa'ud menetapkan bahwa mazhab hanbali resmi bagi pemerintah saudi arabia.di tidak tampak mazhab ini kecuali pada abad ke-7 hijriyah.hingga sekarang tidak banyak rakyat mesir yang mengikuti mazhab ini.
demikianlah ringkasan perkembangan hukum fiqh islam.
sahabatapabila tidak ada nas.beliau menyusun mazhabnyaatas 4 dasar.dasar pertamaiyalah nas alqur'andan hadist.dalam soal yang beliau hadapi,beliau selidiki ada atau tidaknya nas,kalau ada nas,beliau berfatwa dengan nas itu.dasar kedua iyalah fatwa sahabat.dalam satu peristiwa,apabila tidak nas yang bersangkutan dengan peristiwa itu,beliau cari fatwa para sahabat.apabila ada fatwa dari salah seorang sahabat,sedangkan beliau tidak melihat bantahan nya dari sahabat-sahabat lain,beliau hukumkan peristiwa itu menurut fatwa sahabat tadi.jika fatwa itu berada antara beberapa sahabat,beliau pilih yang lebih dekat pada kitab atau sunnah. dasar ketiga iyalah hadis mursal atau lemah,apabila tidak bertentangan dengan dalil-dalil yang lain.dasar keempat ialah qias.beliau tidak memakai qias kecuali apabila tidak ada jalan lain.beliau sangat hati-hatidalam melahirkan fatwa apabila tidak ada nas atas asar sahabat.kemungkinan besar karena sangat hati-hatinyabeliau menjalankan fatwa itulah yang menyebabkan lambatnya mazhab beliau tersiardi daerah-daerah yang jauh,apalagi murid-murid beliau pun sangat berhati-hati pula.mula-mula mazhab itu tersiar di bagdad,kemudian berangsur-angsur keluar ke daerah daerah lain.sekarang yang terbanyak pengikutnya iyalah dihijaz,apalagi sesudah raja ibnu sa'ud menetapkan bahwa mazhab hanbali resmi bagi pemerintah saudi arabia.di tidak tampak mazhab ini kecuali pada abad ke-7 hijriyah.hingga sekarang tidak banyak rakyat mesir yang mengikuti mazhab ini.
demikianlah ringkasan perkembangan hukum fiqh islam.
Komentar
Posting Komentar